Wednesday, October 8, 2008

Chocolate

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Action & Adventure
Directed by: Prachya Pinkaew

Kemarin iseng2 membeli DVD film Thailand ini. Ceritanya sih simpel banget tentang seorang anak gadis autis jago kungfu yang berusaha menagih hutang2 ibunya tersayang untuk biaya berobat sang bunda. Oke lupakan storyline di sini, ceritanya memang terlalu dangkal dan agak sedikit maksa.

Alasan mengapa ibu dan anak harus berpisah dengan ayahnya juga sepertinya terlalu dibuat2. Dan bagaimana ceritanya sampai sang ibu bisa punya tagihan yang begitu besar kepada para debiturnya juga tidak memiliki penjelasan yang memadai. Ya semua terjadi begitu saja, kita tidak perlu pusing2 memikirkan ceritanya, nikmati saja fighting scenenya. Untuk ukuran Asia Tenggara, menurut saya koreografinya termasuk sangat brilian.

Adegan demi adegan martial arts memang tergarap cukup indah dan rapi di sini. Saya sangat kagum dengan perkembangan film action Thailand yang begitu pesat jauh meninggalkan Indonesia. Jujur saja, saya memang sebelumnya tidak pernah menyaksikan film yang digarap oleh sineas dari negeri gajah putih ini. Setahu saya mereka sering membuat film horor dan action yang berkualitas, beberapa diantaranya malah sudah diremake oleh filmmaker dari Hollywood.

Wuih, kapan yah film Indonesia bisa memiliki film action yang dahsyat seperti ini. Adegan laganya itu, saya jadi teringat film2nya Jackie Chan. Terlebih di akhir film ditampilkankan pula footage kecelakaan2 yang terjadi saat syuting. Olala… sang tokoh utama, Yanin Vismistananda, sepertinya melakukan adegan2 berbahaya sendiri tanpa stunt, fiuhhh… Beberapa kali ia meminta maaf, karena dengan kecepatan kibasan kakinya, tanpa sengaja ia menendang dengan keras lawan2 mainnya. Dia sendiri pun tak luput kena celaka ketika matanya terluka tertendang lawan.

Benar2 adegan perkelahian yang cepat dan indah, tapi tentu saja semua itu dilakukan tanpa didukung oleh prosedur keselamatan seperti yang diterapkan pada film2 Hollywood. Yah memang dilematis, kalau semua aturan keselamatan diterapkan, mungkin juga hasilnya tidak sedahsyat ini.

Ah, andai saja jalinan ceritanya dibuat lebih memikat, pasti film ini menjadi lebih sempurna. But, anyway… Bravo buat perfilman Thailand.

11 comments:

  1. Ternyata.. sering liat baliho masang gambar film ini di big-c, tapi ga tau kalo sudah sampai keluar, ga pernah nonton pula :p

    ReplyDelete
  2. storyline = 0 bintang. action, komedi, dan gambar = 4 bintang. hihihi
    dan memang, semuanya dilakukan tanpa stuntman. makanya banyak yang luka-luka dan masuk rumah sakit. yang adegan terakhir, cuma pemeran utama yang dipasangi kabel pengaman, selebihnya gak pakai pengaman sama sekali. makanya lawannya itu begitu selesai take, lehernya langsung dipasangi kruk, karena patah ^^;;;

    yup, salut banget sama film thailand yang ini. ^_____^

    ReplyDelete
  3. @syarif: btw, big-c itu di mana ya?

    @empyreans: serem liat footage di akhirnya... yang kepalanya bocor, ouch... miris banget...

    ReplyDelete
  4. iya, emang, tapi menambah kesalutan terhadap film ini ^^

    ReplyDelete
  5. Big-c di sukhumvit road, kalo dari dorm sekitar 3km gitu deh :)

    ReplyDelete
  6. @empyreans: iya bahkan aktris utamanya aja pemberani banget yah hehe

    @syarif: oh tinggalnya di Thailand ya...

    ReplyDelete
  7. fbsonic: yo aaa, berani banget. dia berapa kali tuh, keseleo, lecet, bedarah-darah tangan dan kepalanya, hidungnya kena tendangan ala capoeira, trus matanya ketendang pas adegan merunduk-runduk di bawah barisan kawat. wew...

    jangan2 adegan dia menangkap pisau juga beneran *tercengang*

    ReplyDelete
  8. oiya yang hidungnya luka itu pas kena tendangan capoeira ya... dahsyat banget hehehe

    yang pas berantem di resto jepun itu... Kill Bill banget ya hahaha

    ReplyDelete
  9. huwahahaha kill bill saya gak nonton, jadi gak bisa bandingin. tapi jauh lebih menyenangkan nonton chocolate daripada nonton wanted XD

    ReplyDelete
  10. kill bill part 1 keren loh... cuma si uma thurman ngamuknya pake katana pas di resto itu, dahsyat :) kalo wanted saya malah belom nonton.

    ReplyDelete