Thursday, October 30, 2008

Facebook VS Friendster

Hayo, anda pilih yang mana?

Facebook
 
 7

Friendster
 
 2

Ya, saat ini saya sedang asyik bermain dengan FB. Dulu awalnya saya sign up karena penasaran saja, seperti apa sih social networking website yang mengguncangkan dunia maya itu hehehe kabarnya lebih keren dari FS. Kesan pertama ketika sign up, wah manis juga tampilan lay outnya, enak dipandang, simpel tapi padat. Nampaknya benar juga kata orang2, FS memang untuk remaja, tapi FB lebih cocok bagi mereka yang lebih dewasa.

 

Tapi masalahnya membuka FB itu lumayan berat juga untuk saya yang memiliki akses internet yang super duper lelet. Belum lagi thin client yang saya gunakan hanya mempunya 1 browser, Internet Explorer versi 6. Jadilah mengakses FB menjadi selayaknya mimpi buruk di tengah sundal hari bolong. Maka akhirnya FB pun saya abaikan. Saya malah memberikan mandat kepada kakak untuk meng-add sepupu2 untuk sekedar menambah daftar friend saya yang masih zero hahaha

 

Nah, baru2 ini saya saya mulai membuka2 lagi FB yang sudah lusuh tertutup debu. Semakin saya mengeksplor FB lebih dalam, semakin juga saya menyadari bahwa begitu banyak keunggulan FB dibandingkan dengan FS. Rasanya saya termasuk orang yang lebih cocok dengan FB, walaupun saya yakin pengguna FS di Indonesia pasti masih lebih banyak daripada FB.

 

Salah satu fitur FB yang bikin saya kaget adalah RSS feed. Ya, saya bisa mengintegrasikan blog saya ke dalam FB. Seorang teman bahkan memasukkan account twitternya ke dalam status message di FB. Hebat. Kalau begini caranya, tak heran kalau semakin banyak orang yang hijrah dari FS ke FB, tinggal menunggu waktu saja. Walaupun tentu saja FS masih mempunyai segmen pasar yang lebih luas daripada FB.

 

Mencari dan menambah jaringan juga menjadi lebih mengasyikkan, terima kasih untuk tools people you may know yang sangat membantu. Belum lagi fasilitas photo tag yang sangat brilian itu. Ah, FB telah menjadi candu baru dalam kehidupan maya, dan saya pun terjebak di dalamnya hehehe bela2in buka FB walaupun ngaksesnya susah.

 

FB atau FS? Ah sudahlah, mereka sama baiknya, toh pada akhirnya semua berpulang kepada selera kita masing2. Saya mungkin lebih nyaman menggunakan FB, bagaimana dengan anda?

7 comments:

  1. kalo saya, teteup, MP is the best. Tapi juga punya account di FS dan FB sih...
    Facebook kadang2 suka ribet dengan aplikasi-aplikasinya, tapi saya rasa dia lebih komunikatif dan interaktif. Kalo Friendster sih biasanya saya pake buat temen-temen kuliah saya dulu plus mahasiswa saya, kalo Facebook, temen-temen kuliah saya disini..

    ReplyDelete
  2. FACEBOOK forever. Malah pengen nutup account Friendster krn udah gada gunanya lagi, skrg apa2 bisa lewat Fesbuk.. Fesbuk is the best, fungsinya banyak banget dibanding FS :D

    add gue dong mas : Titis Sapto Raharjo

    :D

    ReplyDelete
  3. @ami: iya MP emang yahud punya, user friendly banget

    @titis: sudah di add... approve ya... hehe

    ReplyDelete
  4. Kalo gue lebih pilih Friendster.

    Walaupun sekarang gue lebih sering online di Facebook, tapi menurut gue Friendster tetep lebih bagus dan lebih cocok buat gue. Pengoperasiannya gak ribet, temen gue jauh lebih buanyak trus di Friendster gak ada aplikasi kirim2an kado (seperti di Facebook) yang menurut gue rada gak jelas maksudnya.

    Yang jelas sich... setiap online, sekarang tujuannya langsung MP. Nah... Kalo dua itu dilawaninnya sama MP sich, gak ada yang bisa ngalahin MP dach... Aku cinta MP!! Hehehe...

    ReplyDelete
  5. @wieny: hahaha sengaja MP tidak diadu, karena fungsinya agak berbeda. Facebook gua ngga pake aplikasi apa2 sih... kalo ngga mau pake gift, bukannya bisa diblock wien?

    Friendster emang lebih mudah dipake dalam sudut pandang tertentu, tapi imo FB lebih well-organized aja..

    ReplyDelete
  6. sekarang saya pilih semua. kalo besok2 yaaa tergantung koneksi...

    ReplyDelete