Saturday, February 13, 2010

Windows 7 8iggest Tra9edy?

Baru-baru ini saya iseng2 berselancar di kolom teknologi detik.com. Hmm tiba2 ada headline yang menarik perhatian, tentang Windows 7 yang sedang ramai di pasaran. Seperti yang kita ketahui, windows 7 adalah operating sistem teranyar besutan microsoft yang diklaim dapat bekerja lebih efisien dari generasi pendahulunya, windows vista, sehingga lebih ringan untuk dijalankan di PC maupun laptop.

Sangat menjanjikan memang, tampilan grafis seindah vista, tetapi dapat dijalankan dengan lebih ringan. Banyak user maupun kritikus yang telah membuktikan kehandalan sistem operasi anyar ini. Maka tak heran begitu dilempar ke pasar dengan harga jutaan rupiah, OS ini langsung laku keras bak kacang goreng. Belum lagi pabrikan PC dan Laptop kenamaan yang langsung membundle produk mereka dengan windows 7. Jadi apakah kita bisa benar2 mengucapkan selamat tinggal kepada windows XP?

Ternyata belum, seperti yang saya baca di detik.com, ternyata windows 7 mempunyai bug yang sungguh fatal, khususnya bagi pengguna laptop. Yaitu menyedot daya baterai laptop dan bahkan bisa merusak baterai itu sendiri, membuat lifetimenya jauh lebih singkat. Seorang pengguna mengeluhkan karena tiba2 laptopnya mati saat baterainya masih menunjukkan daya 80%. Adalagi pengguna yang mengeluhkan windows 7 salah deteksi daya baterainya, laptopnya saja baru dicharged, tapi indikator % dayanya tercantum kecil sekali, yah mungkin itu tadi, lifetimenya sudah disedot habis.

Yang paling mengerikan, ketika salah seorang user mendowngrade sistem operasinya kembali ke windows xp, ternyata keadaan baterainya tetap seperti itu, jadi yang dirusak memang fisik baterainya, cilaka 12...!!!! Tapi tak semua user mengalami hal tersebut, ada juga kok user yang laptopnya fine2 saja setelah berbulan2 memakai windows 7, polanya sampai saat ini memang masih belum diketahui.

Wah PR yang cukup berat nih buat Microsoft. Kalau masalahnya tidak segera diselesaikan, bukan tidak mungkin para user akan berbondong2 kembali ke win xp, yang walaupun klasik dengan tampilan yang konvensional, tetapi sudah terbukti ketangguhannya dan yang jelas, mudah dan nyaman untuk digunakan.

4 comments:

  1. kl utk di pc sihh...
    mantabbbb

    tp makin lama malah makin lelet pc ku :P
    aslinya spek udah ok bgt buat di pc....haduhhh...
    masak kalah sama mac...parahhh

    ReplyDelete
  2. Dulu cepat sekarang lelet? Mungkin perlu dikulik lagi tuh PCnya kreme...

    Saya sih masih setia dengan xp hahaha maklum netbook prosesornya cuma atom hehehe

    ReplyDelete
  3. wah.kl buat laptop emang paling pake xp...
    vista n windows 7 emang sering problem....hedehhh

    ReplyDelete
  4. Haha iya uenak tenan pake xp... kalo win7 kayanya harus core2duo dan memorinya minimal 2mb... Vista lebih parah, dah pake spec itu, tetep aja masih lelet juga hehehe

    ReplyDelete