Monday, February 3, 2014

Mengatasi masalah "Storage Space Running Out" pada Android

Sepertinya inilah masalah yang paling serius yang pernah saya hadapi sejak membeli hape android Samsung Galaxy S2 pada pertengahan tahun 2011. Lumayan membuat saya bingung juga pada awalnya, menghapus semua cache & menguninstall beberapa apps yang tidak terlalu penting hanya mengatasi masalah sementara saja, beberapa hari/minggu kemudian internal memory kembali penuh. Puncaknya adalah ketika memori internal tersisa hanya 148 MB (dari 200 MB yang seharusnya dikosongkan). Hape android saya ini memang berkapasitas 16 GB, tetapi storage-nya dipartisi menjadi 2, di mana hanya 1.97 GB yang bisa dipakai untuk menginstall aplikasi. Lucunya, sebenarnya hanya 1 GB yang terpakai untuk aplikasi saya. Lalu ke mana yang 970 MB lagi? Dalam posisi ini, hape saya mandeg, jangankan menginstall apps lain, mnegupdate apps yang ada saja sudah tidak bisa. Benar2 bingung saya dibuatnya.

Internal Storage Space Running Out


Sepertinya tidak ada jalan lain, saya harus membuka akses root pada hape saya untuk membersihkan file sampah yang mungkin menumpuk di internal memori setelah sekian lama saya menggunakan hape ini. Kebetulan hape saya (Samsung Galaxy S2, ber-OS Jelly Bean 4.1.2) lumayan vulnerable untuk dieksploitasi celah securitynya, jadi cocok nih menggunakan Framaroot, sebuah one click APK yang biasa digunakan untuk rooting android. APK mentah bisa diperoleh di sini. Hm, lumayan simpel ternyata, bahkan saya tidak memerlukan PC untuk proses root hape saya. Langkah pertama, saya menghapus apps Chrome dulu, Chrome adalah apps dengan size terbesar yang ada di hape saya. Kenapa? Karena saya perlu internal storage dikosongkan untuk mengisntall Framaroot dan yang lainnya. Kemudian saya menginstall dan menjalankan Framaroot untuk melakukan proses rooting, setelah proses rooting selesai, saya lihat sudah ada apps baru bernama SuperSU (super user) di daftar apps, berarti saya sudah berhasil rooting.

Proses selanjutnya, saya perlu apps file browser yang bisa mengakses root. Pilihan jatuh pada Root Browser. Setelah install selesai, langsung saya mmebuka Root Browser, file sampah yang menumpuk itu ada di folder root>data>log. Prosesnya kira2 seperti ini:
  1. Buka Root Browser
  2. Browse ke data, klik data, berikan permission (grant) ke Root Browser untuk menggunakan Super User.
  3. Browse ke Log, tap & tahan di Log, keluar menu pilihan, delete.
  4. And everything is back to normal again

Internal storage setelah dibersihkan & install kembali Chrome

Huah... Lega rasanya saya, hape android kesayangan saya kembali bisa mengupdate apps dan bahkan kembali menginstall apps yang saya suka.

UPDATE:
Hari ini tanggal 17 Februari 2014, tepat 2 minggu setelah saya posting tulisan ini, saya coba delete lagi folder log yang ada di root>data>, tebak berapa besar file sampah yang ada di sana? 150 MB! Saya menyarankan kepada semua pemilik android yang sudah di-root untuk membersihkan secara rutin file log ini. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan file cache apps juga ya. Membersihkan cache ini tidak perlu root, untuk lebih mudahnya install saja aplikasi cache cleaner dari Play Store.

CATATAN: 
Cara ini bisa digunakan oleh hape bermerk Samsung pada umumnya dan Samsung Galaxy S2 pada khususnya. Hape Samsung jenis lain (selain Galaxy S2) mungkin tidak bisa menggunakan framaroot, jadi mungkin harus menggunakan teknik lainnya dalam melakukan rooting. Sampah Log yang ada di root folder data hanya ditemukan di hape bermerk Samsung. Saya pernah melihat isi root di hape merk lain seperti Lenovo dan Dell, ternyata tidak ditemukan folder Log di folder data.

Sedikit gambaran mengenai di mana folder Log berada pada hape android Samsung

41 comments:

  1. Thanks atas infonya gan, bermanfaat banget buat hh ane

    ReplyDelete
  2. Tolong jelasin cara root nya bos

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Kalau di android LG L1 bisa gak ya?
    Apa caranya sama kayak gitu jg?
    Tolong di bantu y,pusing bgt nih ga bisa upgrade aplikasi.
    Thx before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja pakai Framaroot, bisa atau tidak? Kalau tidak bisa, mungkin hanya cara rootnya yang berbeda, selebihnya sama.

      Delete
  5. bro mantab banget nih berhasil saya thank sharing nya bro faby berguna sekali ini :D

    ReplyDelete
  6. mantap brooo.. it works just fine.... thanks for sharing

    ReplyDelete
  7. tetep g bs
    ada cara yg lbh mudah g?

    ReplyDelete
  8. Ko dihape saya ga bisa ya gan..
    Udah masuk root ga ada folder log

    ReplyDelete
  9. Ko dihape saya ga bisa ya gan..
    Udah masuk root ga ada folder log

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya juga baru tahu. Folder ini ternyata hanya ada di hape bermerk Samsung, karena selama ini saya hanya punya hape atau tablet bermerk Samsung.

      Delete
  10. Mantab ni posting nya. Ane cb lgsg berhasil. Alhamdulillah. Thanks gan atas share nya

    ReplyDelete
  11. Ksih tutor nya pake gambr dong, saya awam nh

    ReplyDelete
  12. alhamdulillah berhasil bos, terima kasih infonya

    ReplyDelete
  13. maaf saya mau tanya, di cara yg kedua Browse ke data, klik data, berikan permission (grant) ke Root Browser untuk menggunakan Super User.
    kok ga nemu yah?

    ReplyDelete
  14. Itu proses ke 2 yang browse ke data > klik data dan seterusnya, itu kok gk nemu ya permissionnya ke superuser?

    ReplyDelete
  15. mantep neh jurusnya ,, hape ane lgsg jantan lagi uda pusing nyari cara nya, mantep brow

    ReplyDelete
  16. Nanya ni gan.. Nasib hp ane jg kya gtu.. Tp memang ada aplikasi size gede.. yakni Asphalt 8.. heehehehe.. 1,66 gb.. sayang klo dihapus.. Solusi laennya selain root apa ya..?? hehehe...

    ReplyDelete
  17. Mantap neh gan.. hp ku uda beres. Thanks so much for sharing. Mo tny gan, pny tmnku hp sony xperia ga bisa gan.. uda selesai download ga bisa buka framarootnya.. keterangan yg muncul seperti hp nya itu rentan gitu. Jd solusi gmn ya gan... bingung.

    ReplyDelete
  18. Mantab benerr thks gannn, info yang bermanfaat

    ReplyDelete
  19. Nanya dong masgan.. jadi gini, android saya udah di root, trus saya nginstall link2sd biar internal memory ngga penuh-penung banget. Trus tiba-tiba sdcard saya rusak ngga bisa kebaca, trus mau ngga mau ganti sdcard dong. Abis ganti sdcard jadi kacau kan tuh aplikasi saya, banyak yang ilang soalnya di-link ke sdcard semua. Superuser nya juga jadi ngga ada, trus caranya saya ngilangin file-file sampahnya gimana ya? Saya udah pake ccleaner buat bersihin cache nya, tapi tetep aja penuh :(
    Mohon pencerahannya..
    Terima kasih

    ReplyDelete
  20. Kalau untuk oppo r2001 yoyo macam mana pula ?? Help please

    ReplyDelete
  21. Browse ke data, klik data, berikan permission (grant) ke Root Browser untuk menggunakan Super User. Maksudnya gimana ya gan ?

    ReplyDelete
  22. gan root nya udh ke instal, tapi pas menghapus beberapa file system kok gak bisa ya ? mohon pencerahannya, maju terus gan blognya (y) mantep

    ReplyDelete
  23. thanks sob sangat membantu ! awalnya ane kira aplikasi yang bikin full. Ternyata kejanggalan ane temuin setelah baca blog ente. Terimakasih banyak !

    ReplyDelete
  24. Mas mau nanya, sy pke samsung galaxy s4 i9500 replika, sy jg ngalamin storage space is running out, udh pke aplikasi clean master utk bersihin cache, udh clean data pd aplikasi2 yg sering digunakan, dn sdh uninstal bbrp aplikasi, tp cm brthn bbrp hari/minggu. Sy udh cba root, pke root key master, kmdian yg mncul bkn superSU, tp perizinan rumahtangga, kmdian sy instal root browser, lalu sudah beri perizinan, kemudian sy cari log, tp gk nemu, itu gmn yaa ? Harap dibantu, terima kasih.

    ReplyDelete
  25. Matur Suwun Gan. Coba sekali langsung sukses.....jempol 6

    ReplyDelete
  26. Thanks sukses gan,, trus cara pasang cwm tanpa pc gmana gan?

    ReplyDelete
  27. Untuk Samsung , saya pake cara dia *#9900# trs pilih "Delete dumpstate/logcat" trs Exit trs Restart HP.
    Ruang memory bebas dari file2 sampah

    ReplyDelete
  28. thanks yaah gan , bermanfaat bgt postingannya ^^ keren

    ReplyDelete
  29. Saya pake samsung s2 juga. Gimana cara nya apa yg pertama saya lakukan nih takut nya ada salaahh
    Oya kalo saya udh melakukan smua ini nanti aplikasi aplikasi di hp pada ilang ga yah?

    ReplyDelete
  30. sempet bingung di prroses root nya, tp berguna bgt , suksma gan,, salam dari bali

    ReplyDelete
  31. Mau nanya gan, Hp saya samsung S2 dan mengalami masalah dimana sering muncul tulisan time service dan android sysem yang menyebabkan Hp saya sering nyadat dan restart sendiri, bisa bantu?

    ReplyDelete