Thursday, September 11, 2008

Kejadian Aneh di Tempat Kerja.

Hehehe bukan, ini tidak ada hubungannya dengan “penampakan”. Walaupun memang ada juga kejadian seputar hantu, kuntilanak dan kawan2nya di tempat kerja saya. Tapi bukan itu yang ingin saya bahas di sini. Okelah langsung saja…

 

Kejadian I: The Fewer is the Faster?

 

Ketika diadakan re-organisasi tempo lalu di perusahaan kami, personil bagian perbendaharaan atau lebih tepatnya sub bagian kas perusahaan berkurang 1 orang. Yang tadinya ada 4 orang, kini hanya ada 3 orang. Tapi anehnya pekerjaan mereka menjadi lebih cepat selesai. Tidak, tidak ada sistem atau software baru di sana, semua sama, yang berbeda hanya jumlah personilnya yang berkurang dan tentu saja pembagian tugas yang pastinya juga ada pergeseran. Anomali? Ya, tetapi hal ini tentu saja menguntungkan dan memperlancar pekerjaaan kami yang bertugas di bagian akuntansi.

Kejadiaan II: Show us your statement, so we can pay our debt..!

 

Ada suatu perusahaan, sebuta saja PT S, debitur dari perusahaan kami. Sudah cukup lama juga perusahaan yang bergerak di bidang pembenihan padi itu menunggak pembayaran tagihan kepada perusahaan kami. Nah, akhirnya PT S berkomitmen untuk melunasi hutang2/tagihan tahun 2007 terlebih dahulu, besarnya sekitar 1 miliar, dalam waktu dekat. Tapi dengan 1 syarat (nah belum2 sudah aneh khan? Mau bayar hutang saja kok pakai syarat segala), mereka meminta kami mengirimkan laporan keuangan audit tahun 2007 sebelum mereka melunasi hutang2nya. What??? PT P yang tagihannya bisa mencapai belasan miliar saja selalu rutin membayar tanpa meminta ini-itu segala.

Nah kalo ini namanya anomali yang merepotkan hehehe mau tak mau saya harus menjelaskan ikhwal perbedaan jumlah piutang usaha yang ada di daftar piutang laporan audit dengan jumlah piutang yang ada di laporan Bagian Usaha selaku penagih piutang. Ya perbedaan jumlah piutang memang senantiasa terjadi, ada cut off, deposit on transit, dll yang menjadi penyebabnya.

 

Fiuh, 2 kejadian anomali, yang 1 menguntungkan, yang 1nya lagi merepotkan. Balanced deh, kalau kata orang akuntansi hehe.

4 comments:

  1. waks! dirimu ngomong apa sih, gan? :))

    btw, kalau menurut analisa saya nih, barangkali sikap orang-orang dari perusahaan itu disebabkan oleh kepribadiannya masing2. jadi ada baiknya dia mengikuti wartegg atau rorschach test. bukan begitu bukan?

    wakakakakkk!!!!!!

    ReplyDelete
  2. komenmu lebih membuat orang2 pada pusing hihihi wartegg? gampiiiilll...!!!

    ReplyDelete
  3. aahh yang suka pusing kan dikawww..... jangan ajak orang2 dooonngg

    hehe

    ReplyDelete
  4. ya udah kalo gitu pusing rame2 aja yuuukkk... hehe

    ReplyDelete