Saturday, February 28, 2009

Bedanya Laron dengan Rayap

Kemarin malam sepulangnya dari kantor, saya dan dee dikejutkan oleh serbuan binatang tak diundang. Kata mama dee, binatang itu rayap... Oh tidak, kenapa bisa sebanyak itu mereka ramai2 menyerbu kamar bawah milik kakak dee yang sudah lama tidak dipakai? Duh, saya jadi takut kalau mereka mulai memakan kayu2 yang ada di rumah. Entah itu kayu kusen atau pun rangka atap rumah.

Tadinya saya masih optimis, ah... paling itu bayi laron, belum tentu juga rayap. Tapi keoptimisan saya itu langsung terbantahkan saat saya iseng2 mengecek di google tentang makhluk kecil penghancur tempat tinggal manusia ini. Di situ dijelaskan perbedaan fisik laron (semut bersayap) dengan rayap. Ah, ternyata tidak terlalu sulit membedakannya. Lihat antenanya, kalau lurus berarti itu rayap, tetapi kalau bengkok seperti lengan yang bersiku, itu berarti laron.
 Damn... ternyata keoptimisan saya tak lebih dari sebuah denial... hiks... Serangga2 kecil yang bertebaran di tempat tinggal kami itu memang mempunyai antena yang sangat lurus. Ya, itu 100% adalah RAYAP. Kalau dilihat dengan alat pembesar mungkin bentuknya sepeti ini...

Papa dee bercerita, kalau dulu di rumah kami memang pernah sekali terjadi serangan rayap pada rangka kayu, tepatnya rangka penyagga atap tempat jemuran. Tapi itu dulu sekali dan sudah berhasil dibasmi, tapi kini ternyata mereka kembali lagi. Huf, mudah2an kali ini pun kami bisa menemukan cara yang tepat untuk membasmi serangga2 yang kabarnya menimbulkan kerugian hingga milyaran US $ di Amerika.

3 comments:

  1. Bedain laron ama rayap sich gampang banget kali Mas...

    Kalo laron tuch yang suka terbang deket2 lampu.

    Kalo rayap, biasanya suka ada deket kayu kalo gak jatuh2an dilantai gitu. Kalo gigit, sakit dan bikin gatel2, warnanya rada orange.

    Ah... Mendingan ketemu laron dech daripada rayap.

    ReplyDelete
  2. iya tuh... rayap nightmare banget wien...

    emang suka ketemu rayap juga?

    ReplyDelete
  3. Iya, kalo habis gempa bumi (serius!), suka ada rayap jatuh2an di lantai dari eternit.

    Hiiiii.... Bayanginnya aja udah gatel-gatel semua nich badan.

    ReplyDelete