Wednesday, September 17, 2008

Kenapa, Oh Indonesiaku? Kenapa?

21 orang tewas terinjak2 saat mengantri pembagian zakat.

 

Saya hanya bisa terpana saat kemarin menyaksikan berita ini di televisi. Demi uang Rp 30.000 mereka akhirnya harus mempertaruhkan nyawa, ouch betapa pedih kenyataan di negeri ini. Memang, saya mengerti, bagi sebagian orang, uang sejumlah itu takkan berarti apa. Tapi bagi sebagian orang lainnya, bisa berarti seliter minyak tanah, seliter beras dan beberapa butir telur untuk makan sekeluarga. Tapi kalau sampai harus ditukar dengan nyawa? Oh miris sekali rasanya…

 

Yang saya masih heran sampai sekarang, kenapa sih, kok kebanyakan masyarakat di Indonesia ini tidak bisa mengantri dengan tertib? Oke, saya masih bisa memaklumi, kejadian yang sampai merenggut nyawa kemarin dialami penduduk miskin yang takut tidak kebagian sejumlah uang yang tidak seberapa itu. Kehidupan yang miskin dan tingkat pendidikan yang rendah kadang ditengarai menjadi penyebab rendahnya kesadaran diri untuk disiplin mengantri.

 

Tapi apakah pendidikan yang tinggi otomatis membuat sesorang menjadi sadar akan pentingnya mengantri dengan tertib? Dengan yakin saya jawab, TIDAK.

 

Kenapa? Ya karena saya pernah mengalaminya sendiri. Kejadiannya ketika saya akan melamar pekerjaan di Departemen Keuangan. Semua kandidat yang hadir di situ tidak ada yang lulusan SMA ataupun D3, semuanya berijazah S1 dan S2. Tapi apa yang terjadi? Antrian berujung rusuh, dorong2an mulai terjadi, dan setelah saya melihat di depan ada yang mulai memecahkan kaca, saya langsung keluar saja dari antrian. It’s not worthed anyway…

 

Jadi jelas kan, kesadaran mengantri kurang berkorelasi dengan tingkat pendidikan dan kondisi ekonomi seseorang, tetapi lebih tepatnya dipengaruhi oleh akhlak dari tiap individu. Hablumminannas, apalah artinya keberhasilan yang kita peroleh bila saudara kita menderita karenanya?

 

Kapan ya, Indonesia bisa tertib mengantri?

 

Ya tentu saja, mulai dari diri sendiri dulu Sky, gimana sih? Hehehe

5 comments:

  1. Turut berduka cita buat orang2 yang jadi korban. Bener2 gak nyangka, cuma gara2 uang Zakat 30rb bisa jadi kayak begitu mengerikannya.

    Btw, waktu di Depkue untungnya gue gak kayak gitu ya... Wah, kalo ampe begitu sich, Mama udah nggak bolehin ikut dari awal dech..

    "Apa artinya keberhasilan yang kita peroleh bila saudara kita menderita karenanya?" Kata2 yang bagus. SETUJU!

    ReplyDelete
  2. sekarang kayanya udah modern yah wien? kaya BI kan enak tuh, ngelamarnya cukup lewat inet, ngga usah ngantri. Dapetin kartu ujiannya kan juga on-line, tinggal kita print sendiri hehe

    ReplyDelete
  3. Belum pernah nyoba ngelamar di BI sich...

    Tapi emang iya, semua sekarang serba online. Cuman test aja yang enggak online. Kalo soal pendaftaran, ngisi form online, diprint trus dipaketin bareng2 persyaratan2 yang dibutuhin.

    Hasil seleksinya dikasih tau online, baru dech ketemu lagi pas ambil kartu buat ujian.Jadi ya... gak rame2 amat.

    Bukan berarti gak ngantri juga sich... tapi ya.. gak desek2an ampe parah banget gitu.

    Aman terkendali dech pokoknya... (sedap)

    ReplyDelete
  4. O... Berarti paling canggih BI kayanya, bener2 ngga ada antrian sama sekali

    Gajinya juga paling gede sih hahaha

    ReplyDelete
  5. no comment deh.
    lah, ini komen ya? hihihi

    maksudnya saya nggak bisa berkata2 lagi, speechless, nggak tau mesti ngomong apa lagi

    ReplyDelete