Thursday, June 19, 2008

Stardust

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Science Fiction & Fantasy
Author:Neil Gaiman
Ladies and gentleman, fasten your seatbelt, please Cuz u’re gonna read the best fantasy novel from Neil Gaiman, well at least in my opinion hehehe Oke, imo novel Gaiman ynag saya baca terakhir ini adalah yang paling keren dari ketiga novel gaiman yang pernah saya baca. Yup stardust memang yang paling menarik, tak heran kemudian muncul adaptasinya dalam layar lebar.

Berbeda dengan novel2 sebelumnya saya review di sini, Stardust memliki setting waktu (timeline) beberapa abad sebelum abad 20/21 (Anansi Boys dan Neverwhere bersetting waktu masa kini). Alkisah seorang pemudah usia belia yang bernama Tristran yang tinggal di sebuah desa tenang bernama Desa Tembok. Tristran sedang dimabuk asmara. Demi cintanya, dia bersumpah pada pujaan hatinya, untuk membawakan bintang jatuh yang mereka lihat di malam hari.

Maka diimulailah petualang Tristran meninggalkan desanya untuk menuju negeri peri. Dia tidak tahu apa yang sedang menunggunya di sana. Karena yang mengincar sang bintang jatuh tak hanya Tristran seorang, tapi juga penyihir dan keluarga kerajaan. Penyihir dengan motif awet muda dan Keluarga kerajaan dengan motif takhta dan singgasana istana. Semuanya menghalalkan segala cara untuk mendapatkan si bintang jatuh. Oh oh malangnya Tristran yang muda belia harus tenggelam dalam petualangan berbahya penuih intrik yang berat dan melelahkan.

Membaca Stardust, saya teringat dengan kisah Lord of The Rings, karena nuansanya yang memang mirip walaupun tentu saja Stardust lebih simpel, ringan dan tidak serumit pendahulunya. Stardust sangat enak dibaca kisahnya, mulai dari kehidupan bersahaja di desa kecil, petualangan Tristran di negeri peri sampai akhirnya dia mengungkap latar belakang kehidupannya, semua diceritakan secara ringan dan membumi. Tak terasa lembar demi lembar terbaca. Walaupun bukunya memang paling tipis di antara yang lainnya, tapi bukan berarti kualitas ceritanya di bawah Anansi dan Neverwhere. Sebaliknya, Stardust memiliki jalinan cerita yang kuat dan memorable. Stardust is definitely a must-read, indeed.

Ini adalah sebuah kisah…
Kisah seorang pemuda yang pergi demi cinta monyetnya dan pulang membawa cinta sejatinya.

No comments:

Post a Comment