Sunday, May 24, 2009

PONYO on the Cliff by The Sea

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Kids & Family
Directed by: Hayao Miyazaki

Inilah film anime paling anyar yang disutradarai oleh sang maestro anime, Hayao Miyazaki. Hadir di gerai download terdekat, yah walaupun kualitasnya masih telesync alias tembakan dari bioskop, tapi lumayanlah untuk memuaskan rasa penasaran saya. Filmnya sendiri baru akan diedarkan di bioskop Amerika pada 14 Agustus 2009 (di Jepang sendiri sudah dirilis pada Juli 2008), entah kapan dvdnya akan dirilis, mungkin tahun 2010.

Ceritanya sangat simpel, tentang seekor ikan gaib bernama Ponyo yang terkungkung dalam luasnya samudra dan berharap bisa menjadi manusia setelah tak sengaja terdampar di pantai dan diselamatkan dengan seorang anak TK bernama Sosuke. Walaupun ditentang oleh ayahnya yang over protektif, Ponyo tetap bersikeras ingin menjadi manusia seutuhnya. Keinginan yang nyelenah itu ternyata tak hanya berpengaruh pada kehidupan Ponyo dan Sosuke, tetapi juga mengganggu keseimbangan alam semesta.

Seperti juga My Neighbor Totoro dan Spirited Away, Ponyo memang film yang ditujukan untuk anak2, hal ini bisa dilihat dari usia tokoh utamanya yang masih duduk di bangku TK. Selain itu ceritanya juga jauh lebih simpel daripada Spirited Away, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh anak2 tetapi cukup menarik juga dinikmati oleh orang dewasa. Premis ceritanya memang tidaklah terlalu original. Dongeng tentang suatu makhluk yang ingin berubah menjadi makhluk lain sudah begitu sering kita jumpai, tengok saja City of Angels (Nicholas Cage & Meg Ryan) sebagai contohnya.

Tapi tentu saja sentuhan ajaib Miyazaki membuat kemasannya menjadi sangat menarik. Berbeda dengan karya sebelumnya (Mononoke sampai Howl) yang memanfaatkan komputer (Computer-Generated Images) untuk sebagian animasinya, di film Ponyo ini Miyazaki berusaha meminimalisir penggunaan komputer, back to basic with full hand-drawn animation. Hasilnya? Mencengangkan, tercipta 170.000 gambar detil yang digambar sendiri oleh sang maestro. Hasrat berkesenian Miyazaki benar2 ditumpahkan pada film ini.

Sekali lagi saya dibuat berdecak kagum memandangi hasil karya penuh warna dari film animasi besutan sang maestro, gambar2 yang ditampilkan begitu indah, khas Miyazaki. Dengan atau tanpa bantuan komputer, film2 Miyazaki memang selalu jempolan dan memuaskan para penggemarnya yang haus akan film2 animasi berkualitas.

2 comments:

  1. Nonton di rumah ^_^ download dari indowebster

    ReplyDelete