Sunday, June 21, 2009

Kiki's Delivery Service

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Animation
Directed by: Hayao Miyazaki

Film Studio Ghibli produksi tahun 1989 yang diadaptasi dari serial novel berjudul sama ini menceritakan tentang seorang penyihir remaja bernama Kiki. Sebagai seorang witch (penyihir wanita), Kiki yang baru berusia 13 tahun sudah dianggap dewasa dan harus magang di kota lain untuk dapat memenuhi persayaratan menjadi seorang penyihir yang seutuhnya. Maka dengan mengendarai sapu ajaib dan ditemani kucing hitam bawel penggerutu yang setia, berkelanalah ia ke kota lain, jauh dari tempat tinggal, orang tua, dan teman2 yang dicintainya

Berbekal uang tabungan yang jumlahnya tak seberapa, tak sengaja akhirnya ia membuka usaha jasa pengiriman barang alias kurir di tempat baru yang ia tinggali untuk menghidupi dirinya. Dengan modal peta lipat yang dibelinya di toko dan sapu terbang miliknya, Kiki berpikir semuanya pasti akan mudah dan menyenangkan. Tapi ternyata hidup tak semudah yang ia bayangkan, begitu keras dan penuh rintangan. Tak semua perbuatan baik yang ia lakukan, mendapat respon yang baik pula. Dalam kesedihan, sesuatu yang tak terduga terjadi, Kiki tiba2 kehilangan kemampuan sihirnya.

Awalnya saya pikir film yang disutradarai oleh Opa Miyazaki ini juga merupakan film anak2 biasa layaknya Totoro dan Ponyo, ternyata dugaan saya salah. Justru salah satu pesan moralnya sangat mengena untuk direnungkan oleh orang dewasa, benar2 sebuah cerita yang menarik. Kalau anda pernah menyaksikan Spiderman 2 besutan Sam Raimi, anda pasti mengerti apa yang saya maksud. Ah maaf, saya tidak tahan untuk tidak memberikan spoiler ^_^

Maka jadilah Kiki’s Delivery Service ini, sebuah film animasi yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Apalagi dengan gambar2 yang begitu indah, kita bagaikan menikmati film animasi dengan latar belakang lukisan cat air yang sangat menawan. Sebuah film pembangun jiwa (hahahahahah halah3), tak hanya memberikan contoh yang baik untuk anak2, tetapi juga sedikit renungan bagi orang dewasa.

Kita mungkin tidak selalu beruntung untuk dapat mengerjakan apa yang kita cintai, tapi setidaknya kita bisa belajar untuk mencintai apa yang kita kerjakan.

4 comments:

  1. aku suka soundtracknya, A Town where you can see the ocean :)

    ReplyDelete
  2. versi asli ya....? Hiks punyaku yang English dub T_T

    ReplyDelete
  3. beli dooong di lapak bajakan hihihi

    ReplyDelete
  4. ini donlot dari indowebster hihihihi

    ReplyDelete