Wednesday, June 18, 2008

Nokia oh Nokia

Wah Nokia nerilis ponsel baru lagi nih, N78. Ponsel besutan terbaru dari produsen terbesar asal finland ini makin menyemarakkan tipe Nseries yang menitikberatkan pada fungsi multimedia. Jadi kalau anda tertarik untuk memilikinya bersiaplah menyiapkan budget yang agak berlebih, karena seperti biasa, Nseries memang mempunyai standar harga yang berlebih jika dibanding dengan seri2 lainnya. Overpriced lah istilahnya, terutama jika seri tersebut baru dilempar ke pasaran.

 

Nokia sendiri mengklaim kalau Ponsel ini adalah konvergensi dari semua fitur unggulan di ponsel seri N sebelumnya, jadi bisa dibilang N78 ini memiliki fitur yang amat sangat lengkap. Tak kurang dari kamera 3MP autofocus dengan lensa Carl Zeiss, ARM Prosesor lengkap dengan SDRAM, Built in FM transmitter, Wi-fi & 3,5G / HSDPA connection, GPS navigation, 2GB SD card juga turut dibundel dalam seri ini.

 

Hoooo huuuuuhhh… fiturnya memang benar2 super lengkap bukan? Selain hasil kameranya yang pasti tajam (carl zeiss sudah terbukti jempolan, ketajamannya bahkan bisa mengalahkan kamera saku branded yang seharga 1-2jutaan), ponsel ini juga tidak akan kesulitan dalam menjalankan berbagai macam aplikasi, jadi selamat tinggal era Ngehang Series yang biasa terjadi pada ponsel Nokia ber-OS Symbian generasi terdahulu (N70 dan N73 misalnya).

 

Yup, fiturnya memang luar biasa, GSMarena pun mengakui hal itu. Tapi tunggu dulu, ternyata kelemahan terbesar N78 ini ada pada keypadnya. O o, lagi2 Nokia membuat blunder. The keypad is really pain in the ass. Kalau untuk pemakaian biasa mungkin tak masalah, tapi jika dipakai untuk menulis text pasti kita akan mengalami kesulitan. Tak heran GSM arena mereview ponsel ini sebagai bitter sweet. Sweet fiturnya tapi bitter keypadnya.

 

Nah bagaimana? Bagi anda yang tak masalah dengan dilema ini, tunggu saja, mungkin kalo keypadnya benar2 mengganggu, mungkin harganya bisa turun drastis dalam waktu yang tidak terlalu lama. Tapi kalau hidup anda adalah sms atau browsing and chatting through gprs, ada baiknya mempertimbangkan 6220c. Tapi fiturnya mungkin takkan selengkap N78. Dan lagi, saya belum tahu blunder apalagi yang dibuat Nokia dalam 6220c hehe..

 

The choice is yours, my friend…

 

Update:

Kamera 6220c ternyata 5MP, memiliki navigasi GPS tetapi tanpa koneksi Wi-fi LAN. Jadwal rilis triwulan III 2008 (tapi kok perasaan saya ponsel ini sudah rilis di Indonesiaa, cmiiw). Sampai saat ini belum ada review dari GSMarena.

10 comments:

  1. ngak perlu lah HP canggih2.....hehehe.........

    ReplyDelete
  2. ya udah sini N95 loe buat gua aja hehehe...

    ReplyDelete
  3. Wah... Kayaknya keren nich... Kalo udah ada, beliin aku satu ya Mas... hehehehe...

    ReplyDelete
  4. Beli dong bi...nanti tuker jinten hitem Habatussauda deh,Gratis....hehehe

    ReplyDelete
  5. aku menunggu keluarnya Nokia 6210 Navigator :)

    ReplyDelete
  6. Oia habatussauda... waduh belom sempet ngambil neh hehehe

    ReplyDelete
  7. tenang aj emangnya dah beli hp barunya....tar gw sms deh kl dah dirumah mama

    ReplyDelete
  8. hlah... ngidam kok hape... susah neh hahaha

    ReplyDelete
  9. aq pgn bgt N78 cz kumplit n keren bodynya asik masa keypadnya semengganggu or g nyaman bgt buat ngetik? aq hoby smsan n c8...
    tp aq suka bgt modelnya n fiturnya.... help me... btwy saingan N78 dg harga sepadan hape tipe berapa ya? tenkyuuuu

    ReplyDelete