Monday, November 24, 2008

Clockwork

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Mystery & Thrillers
Author:Philip Pullman
Ouch buku anak2 yang satu ini menurut saya tidak cocok dibaca untuk anak2 karena ceritanya terlalu mencekam dan mengerikan. Mungkin karena itu juga buku ini hanya meraih silver medal dari smarties award, sedangkan buku yang saya review sebelumnya, the Firewok-Maker’s Daughter meraih gold medal. Padahal menurut hemat saya, Clockwork ini jauh lebih menarik.

Karl adalah seorang murid pembuat jam di kota Glockenheim. Syarat kelulusannya hanya satu, ia harus membuat patung mekanis untuk ditempatkan pada jam besar di pusat kota. Sampai saat terakhir, ia belum juga berhasil membuat patung tersebut.

Di saat akhir keputus-asaannya, tiba2 seorang tokoh dari dongeng yang ditulis oleh Fritz, teman Karl yang berbakat dalam menulis, hadir membawa jawaban. Dr. Kalmeneius yang sejatinya adalah tokoh dongeng yang diciptakan Fritz, tiba2 hadir di dunia nyata menawarkan sebuah patung mekanis untuk dipakai oleh Karl.

Edan… begitu komentar saya saat membaca buku ini. Dari awal pembaca sudah dibawa ke dalam suasana yang mencekam. Tensi ketegangan ini juga terjaga dari awal hingga menjelang kisahnya berakhir. Suspense yang ditawarkan oleh Pullman juga membuat saya menjadi penasaran untuk segera merampungkankan novel tipis 100 halaman ini.

Gaya penulisan novel ini, oh brilian, dengan gaya alur maju dan mundur. Seperti ada cerita di dalam cerita, awalnya alur maju yang menceritakan keputusasaan Karl dan dongeng tulisan Fritz, lalu kemudian alurnya mundur untuk menceritakan latar belakang yang belum diceritakan pada kisah dongeng Fritz. Setelah beberapa bab berlalu, kedua cerita itu pun akhirnya menyatu menjadi sebuah satu kesatuan cerita yang utuh. Dahsyat.

Seperti biasa, layaknya dongeng Pullman, tak lengkap rasanya bila novel ini tidak menawarkan suatu pesan moral yang tersirat. Walaupun makananya tidak sesarat The Firework-Maker’s Daughter, tetapi cerita tentang hasrat dan keserakahan manusia yang tak pernah puas dengan apa yang telah mereka dapatkan, cukuplah untuk menyentil pembacanya. Oia, gambar sketsa yang menjadi ilustrasi pada novel ini juga cukup artistik dan indah dilihat.

Tak ayal lagi, anda semua harus membacanya, apalagi harganya sangat murah karena jumlah halaman yang sedikit. Lalu? Menceburlah ke dalam buaian kengerian yang mencekam.

5 comments:

  1. Ceritanya mengerikan, membuat merinding, ngga cocok buat anak2 deh

    ReplyDelete
  2. yep...badan saya sampe agak panas dingin terbawa suasana hehehe buat orang tua, memang harus hati2 dalam memilih bacaan buat anak2nya :)) Philip Pullman bolehlah masuk blacklist ortu hihihi

    ReplyDelete
  3. padahal aku beli buku ini niatnya buat anakku, mo dibacain buat bobo gitu kalo dah agak gedean, bah ternyata ceritanya syereem n agak2 sadis gitu yah, kalo firework marker's daughter sih masih oke ama I Was Rat

    ReplyDelete
  4. Yang terkeren di antara clockwork, firework daughter, spring heeled jack, dan i was rat. Boleh lah buat anak2, tapi harus didampingi orang tua. BO BO buku BO

    ReplyDelete
  5. @dgreena: pernah baca his dark materials? Kalo pernah baca, pasti deh langsung masukin Pullman ke dalam blacklist bacaan anak hehehe... ya minimal difilter dulu. Yang firework, jack, sama i was a rat itu sih oke2 aja.

    @raina: bener banget... Clockwork ini kayanya yang paling keren :)

    ReplyDelete