Monday, November 24, 2008

The Firework-Maker's Daughter

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Childrens Books
Author:Philip Pullman
Lila adalah seorang anak pembuat kembang api. Dia tinggal hanya bersama ayahnya karena ibunya telah tiada. Sejak masih kecil, Lila tampak berbakat dalam membuat kembang api. Ayahnya tentu saja senang karena putrinya itu mewarisi bakatnya.

Tapi setelah Lila hampir menguasai seluruh teknik pembuatan kembang api, sang ayah berubah pikiran. Menurutnya seorang anak gadis tidak sepantasnya menjadi pembuat kembang api, karena pekerjaan itu bisa membuat anak gadisnya menjadi dekil, kusam dan tidak tampak seperti anak gadis pada umumnya.

Lila kecewa, dan atas bantuan Chulak, temannya yang bekerja sebagai pengawal Gajah putih milik kerajaan, Lila pun bertekad untuk meraih impiannya menjadi pembuat kembang api sejati. Dimulailah perjalanan Lila ke kawah Gunung Merapi untuk menempuh ujian berat yang disyaratkan guna melengkapi keahliannya sebagai pembuat kembang api.

Berhasilkah Lila? Yang jelas akibat ulahnya, kini nyawa sang ayah terancam, hanya keahlian mereka berdua yang bisa menyelamatkan, sampai saat pembuktian diri itu tiba…

Cerita anak yang cukup menarik ini ditulis Pullman dengan gaya bahasa yang ringan dan jenaka, sangat cocok buat anak tapi juga tidak membosankan untuk dibaca oleh orang dewasa. Apalagi pesan moral tentang kerja keras dan persahabatan yang disampaikan cukup mengena bagi pembacanya.

Untuk meraih kesuksesan, kita memang harus bekerja keras. Dan rasa cinta akan apa yang kita kerjakan membuat segalanya menjadi lebih mudah dan berarti.

3 comments:

  1. Hehe bagus kok, bagus, aku juga punya, termasuk spring heeled jack. Iya, cocok untuk anak-anak.

    ReplyDelete
  2. iya ngga nyangka, buku anak ini ternyata memiliki pesan moral yang bagus layaknya buku self-improvement

    ReplyDelete
  3. maen kembang api jangan lupa pake kaos kaki di tangan ya :p

    ReplyDelete