Friday, November 21, 2008

Spring-Heeled Jack

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Childrens Books
Author:Philip Pullman
Tiga bersaudara yatim piatu Lily, Rose dan Ned berusaha kabur dari sebuah panti asuhan di Inggris. Di tengah jalan mereka malah menjadi incaran penjahat terkenal di Inggris, Mack si pelempar pisau, yang menginginkan Liontin emas, satu2nya harta terakhir peninggalan orangtua mereka.

Rencana mereka untuk pergi ke Amerika pun terancam batal saat Ned kemudian diculik oleh Mack. Tapi beruntung masih ada orang2 yang berbaik hati untuk menolong ketiga saudara malang ini. Belum lagi ada sesosok misterius yang turut membantu mereka, Spring-Heeled Jack (Jack si Pelompat), untuk menghadapi Mack.

Belum lagi urusan dengan Mack selesai, muncul ancaman berikutnya dari pengurus Panti Asuhan yang serakah, Mr. Killjoy dan Ms. Gasket, yang juga turut mengincar Liontin Emas tersebut. Mampukah ketiga anak ini selamat dan pergi ke negeri impian, Amerika?

Novel anak ini cukup unik karena menggabung antara novel dengan komik. Masalahnya pada buku terjemahan Gramedia, sepertinya mereka agak kesulitan dalam penempatan lay-out komiknya. Hal ini jelas akan membingungkan para pembacanya, karena (pada beberapa kasus) alur ceritanya menjadi sedikit tidak nyambung antara cerita pada novel dengan komiknya.

Secara keseluruhan, karya Philip Pullman yang menceritakan tentang kepahlawanan sosok legenda dari Inggris ini tak ubahnya menjadi cerita untuk anak2 belaka. Kisahnya sangat simpel tentang si baik melawan si jahat. Klise. Flat tanpa twist, karena endingnya juga terlalu mudah ditebak dari awal cerita.

Oke, saat itu saya pikir, mungkin beginilah buku anak2 karya Pullman sebelum era His Dark Materials Trilogy.

Sampai akhirnya saya membaca buku Pullman berikutnya…..

No comments:

Post a Comment