Tuesday, July 1, 2008

Sejenak Bersama Euro 2008, Internet, dan Ponsel

Mulai pagi hari ini saya kehilangan sebuah aktivitas yang telah menjadi rutinitas dalam minggu2 terakhir ini. Biasanya sambil iseng di angkot menuju bis jemputan, saya buka ponsel, menghubungkan dengan GPRS lalu membuka BBC Sport. Saya memang kurang menyukai sepakbola, tapi minimal saya selalu memantau hasil pertandingan Euro 2008 kemarin. Apalagi 3 teman dekat saya sangat menggilai sepakbola dan masing2 mempunyai timnas idaman, yaitu Italia, Belanda dan Jerman.

 

Tapi Euro 2008 sudah berakhir, jadi mulai hari ini saya tidak lagi mengecek hasilnya. Jadi kangen juga, dulu saya selalu menyemangati kawan2 saya tersebut meskipun hanya melalui sms, yah walaupun pada akhirnya sms yang saya kirim tak lain dan tak bukan adalah sms duka cita. Karena tak ada satupun timnas favorit mereka yang menjadi juara. Jerman yang paling beruntung hanya berhasil mencapai final, Italia dan Belanda lebih tragis lagi, mereka semua gugur di babak perempat final. Tapi yang paling merana sepertinya teman saya yang menjagokan Belanda, waduh luka hatinya terasa sangat dalam sekali, bisa dilihat dari postingannya yang ini dan yang ini. Padahal tadinya dia “terlihat” sangat bahagia dengan memosting ini.

 

Yah, internet lagi2 menunjukkan kedigdayaannya. Hanya dengan menekan2 keypad di ponsel, saya sudah bisa mengetahui hasil pertandingan, lengkap dengan ulasannya. Lagi2 teknologi lama, seperti surat kabar menjadi semakin terpinggirkan, karena hasil Euro 2008 tersebut memang sudah melewati batas tenggat mereka. Jadi jangan harap melihat hasil terkini pada surat kabar yang terbit pagi. Bagi saya yang tidak memiliki komputer di rumah, GPRS di ponsel menjadi semacam pelarian hahaha hanya butuh waktu sebentar, hasil paling terkini sudah dapat dipantau.

 

Hal lain yang membawa berkah bagi saya dengan hadirnya internet di ponsel adalah Yahoo Mobile. Situs yang berbasis WAP (Wireless Application Protocol) ini sewajarnya memang diakses oleh browser di ponsel. Tapi kemarin saya iseng mencoba mengakses WAPsite tersebut, eh ternyata bisa, padahal biasanya situs WAP menolak jika diakses oleh komputer biasa. Alhasil sekarang saya bisa chatting di YM melalui Yahoo WAP tersebut.

 

Komputer yang saya gunakan di tempat kerja memang agak unik, sebutannya Thin Client, komputer ini sedianya hanya untuk menginput transaksi akuntansi, memorinya hanya virtual menggunakan media flash memory, Windows XPnya juga versi khusus untuk sekedar menjalankan thin client, jadi kalau ingin beraktifitas harus koneksi dulu ke server melalui LAN. Tapi demi kemanan, kegiatan internet dilakukan di luar server. Jadi kami tidak dapat menjalankan software yang kami download dari dunia maya. Otomatis kami tidak bisa menjalankan Yahoo Messenger. Menggunakan Web Messenger juga menjadi mustahil karena kami tidak dapat menjalankan Flash Player pada thin client yang unik ini.

 

Jadi ketika saya menyadari kalau WAPsite bisa diakses di komputer biasa, oh yeaaahhh, rasanya tak berlebihan kan kalau saya berterima kasih kepada revolusi internet di ponsel?

2 comments:

  1. saya kehilangan banget Euro 2008.. hiks hiks.. nunggu turnamen besar 2 taun lagi..

    tapi saya bersyukur juga Euro dah kelar, bisa hidup normal kembali. hehehe. aktivitas bisa maksimal, mengingat Juni kmarin saya bener2 terpaku sama sepakbola, kecuali kewajiban pokok, banyak hal yg terabaikan (atau memang sengaja saya abaikan). hehe.

    ReplyDelete
  2. Iya salut sama penggemar bola sejati yang sanggup begadang padahal besoknya pagi2 harus sudah berangkat ke kantor.

    Saya saja yang menggemari MotoGP selalu melewatkan race di US karena siaran livenya dinihari :)

    ReplyDelete