Tuesday, July 8, 2008

Kung Fu Panda

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Animation
Directed by Mark Osborne & John Stevenson

Setelah saya sempat kecewa dengan Shrek 3 yang kualitasnya menurun drastis dibandingkan dengan sequel pertamanya, akhirnya Dreamworks muncul lagi dengan film animasi 3D terbarunya, Kung fu Panda. Dreamworks memang tidak pernah main2 dengan para dubbernya, kali ini mereka menunjuk Jack Black sebagai pengisi suara Po, Panda jenaka yang menjadi tokoh utamanya. Selain itu hadir pula sederet aktor dan aktris terkenal sebagai pengisi suaranya

Ceritanya sangat sederhana, Po adalah seekor panda yang terobsesi dengan Kungfu. Sehari2 dia bekerja di toko mie milik ayahnya, sampai suatu saat muncullah ramalan bahwa Po akan menjadi ahli kungfu pewaris Dragon Warrior, singkatnya dia akan menjadi pendekar pilihan yang akan membawa kedamaian dan keadilan di desanya, Valley of Peace. Maka Po harus berlatih keras di bawah bimbingan master Shifu (Dustin Hoffman), bersama anak didiknya yang lain, the Furious Five, Tigress (Angelina Jolie), Mantis (Seth Rogen), Crane (David Cross), Monkey (Jackie Chan), Viper (Lucy Liu) untuk menghadapi Tai Lung (Ian McShane), sesosok Macan Tutul Putih maestro Kungfu yang baru meloloskan diri dari penjara. Mampukah Po yang tambun ini menghadapi masalah yang sangat pelik ini?

Oke, dari segi cerita mungkin Kungfu Panda memang cenderung dangkal, masih jauh di bawah Shrek ataupun film2 animasi Pixar. Tapi dari segi grafis, wow Dreamworks memang jempolan. Adegan perkelahian digarap dengan sangat detil, cepat dan halus. Paduan gerakan slow motion juga sangat menakjubkan, mengingatkan saya akan film 300. Kalau dilihat dari jurus2 yang ditampilkan dalam Kungfu Panda, sepertinya film ini mengambil banyak referensi dari film2 kungfu mandarin. Semuanya menjadi unik karena yang melakukan aksinya adalah para hewan CGI. Fiuh, para animator di dreamworks benar2 telah melakukan kerja keras dan hasilnya memang sangat memuaskan.

Humor2 yang ditampilkan di film ini juga cukup lucu dan segar. Seringkali kita dibuat tergelak oleh tingkah konyol Po. Panda bulat yang sangat loveable ini pasti akan menjadi favorit tiap anak2. Berbeda dengan Eddie Murphy yang bisa optimal dalam mengeksplor semua potensinya dalam tokoh Donkey di Shrek, tokoh Po memang sedikit berbeda dengan stereotip karakter yang biasa Jack Black mainkan. Tapi overall lumayanlah, lihat saja aksi Jack Black di studio rekaman, rasanya sudah cukup heboh, bukan?

Kung fu Panda adalah film yang seru dan menghibur dan rasanya wajib ditonton bersama semua anggota keluarga.

No comments:

Post a Comment