Monday, July 28, 2008

The Dark Knight

Rating:★★★★★
Category:Movies
Genre: Action & Adventure
Directed by: Christipher Nolan

Setelah kemarin terpuaskan oleh Batman Begins, sekali lagi DC akhirnya menancapkan cakarnya di dunia perfilman internasional. The Dark Knight adalah sebuah masterpiece, terima kasih kepada Warner Bross yang memberikan kebebasan kepada Christopher Nolan, yang tidak hanya duduk di kursi sutradara, tetapi juga sebagai produser, penulis cerita dan penulis skrip sekaligus. Salut buat Nolan yang mampu menghadirkan Batman dengan image yang baru, kelam dan mencekam.

Gotham City meradang, kriminalitas terjadi di mana2, Batman (Christian Bale) pun sibuk beraksi menghadang para gerombolan mafia. Dibantu Letnan Polisi James Gordon (Gary Oldman) dan Jaksa wilayah Harvey Dent (Aaron Eckhart), penjara Gotham pun penuh sesak dengan para kriminal. Sampai suatu hari, datanglah Joker (Heath Ledger), sang psikopat yang ditakuti para penegak hukum manapun. Dia membunuh tanpa perlu alasan, menghancurkan kota tanpa motif yang jelas. Kesenangan pribadi, kegilaan yang tak terukur dan kesukaannya akan kekacauan umat manusia menjadi motif utama. Dan dia bertekad untuk merubah semua orang untuk menjadi seperti dirinya. Gawatnya lagi, Joker adalah seorang perancang rencana yang brilian, semua aksinya telah diperhitungkan masak2 dan dijalankan dengan sangat rapi. Tak pelak lagi, hal ini membuat Batman dan Gordon menjadi salah langkah dan berkali2 gagal menjinakkannya.

Menyaksikan The Dark Knight (TDK) tidak seperti menyaksikan film superhero pada umumnya. Kejar2an antara Batman dan Joker yang dipadukan dengan adu pintar dalam menyusun strategi mengingatkan saya akan film Bourne Ultimatum, begitu cepat, pandai dan intens. Aksi kebut2an dan tabrak2an di jalan raya memang digarap secara aduhai. Kalau anda mengaharapkan aksi spektakuler, anda tidak akan dikecewakan oleh TDK ini.

Dari segi certita, sepertinya Nolan menjadi lebih santai sekarang. Maksud saya, Batman Begins yang notabene merupakan versi Reboot dari film sebelumnya, membuat Nolan harus kembali ke awal lagi menceritakan latar belakang si manusia kelelawar ini. Berbeda dengan sekuelnya, dalam TDK, Nolan tidak perlu repot2 berbasa-basi lagi, lansung tancap gas dari awal, straight to the point. Yang akhirnya menjadikan film ini lebih padat dan memacu adrenalin. Alhasil film yang durasinya mencapai 2,5jam, menjadi tak terasa sampai akhirnya credit tittle bergulir.

Oke, siapa pun pasti tahu, kalau yang membangun pondasi kengerian dalam film ini adalah keberhasilan Ledger dalam memerankan tokoh Joker. Ledger secara sempurna menjelma menjadi Joker yang psikopatik. Entah apakah ini juga yang menyebabkan kematiannya Januari 2008 lalu. Seorang aktor yang berhasil masuk 100% ke dalam perannya kadang memang sulit untuk “kembali” lagi ke dunia nyata. Sementara peran Bruce Wayne di sini masih tetap seperti biasanya, calm, cool and confident… Halah apaan sih Sky hehehe…

The Dark Knight memang film yang lengkap, ada aksi yang memukau, drama percintaan, sapuan komedi untuk sekadar refreshing dan thriller yang mencekam. Dan Nolan berhasil mengangkat Batman dari sekedar film superhero biasa, ke dalam level yang lebih berkelas. Maaf, tapi untuk saya, The Dark Knight bukanlah film superhero. Dan saya rasa ini tidak berlebihan, mengingat Batman memang tidak mempunyai kekuatan super seperti halnya superhero lainnya.

7 comments:

  1. mau nonton lagi Jumat ini dengan para bat-fanboys hehehehe

    ReplyDelete
  2. hehehe jadi udah berapa kali mave? 3? 4?

    emang keren banget nih TDK :)

    ReplyDelete
  3. @mave: mantabh...!!! emang ngga puas sih kalo nonton cuma 1x

    @titis: sekarang 1 juga ngga ada hehehe

    ReplyDelete
  4. iya bakalan susah ntar cari pengganti-nya. coba sapa yg cocok? wong disini aja Joker berperan jadi Joker. haha.

    ReplyDelete
  5. loh emang siapa joker yang berperan jadi joker? :)

    ReplyDelete