Thursday, July 31, 2008

Be Kind Rewind

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Comedy
Directed by: Michel Gondry

Tahu film ini dari trailer yang ada di dvd bajakan yang saya beli beberapa waktu yang lalu hehehe hmm kok kayaknya lucu. Kemarin ketika sedang cari2 film di gerai dvd bajakan dekat rumah ternyata film ini sudah nangkring di sana. Tanpa pikir panjang langsung saya sambar, walaupun sepertinya judul ini tak terdengar gaungnya di Indonesia. Tapi karena pemainnya adalah Jack Black dan Mos Def, wah saya pikir ini bakalan jadi film yang bagus, apalagi trailer juga terlihat sangat menggelitik.

Suatu hari Mr. Fletcher (Danny Glover) dipanggil oleh pemerintah daerah Passaic, New Jersey, perkaranya gedung rental video yang saat ini ditempatinya akan direnovasi karena dianggap sudah tidak layak dengan kemajuan daerah tersebut. Mr. Fketcher diberi 2 opsi. Merenovasi bangunan dengan biaya sendiri atau pindah ke tempat yang telah disediakan pemda setempat. Masalahnya gedung itu adalah tempat yang sangat bersejarah bagi penduduk Passaic, konon kabarnya di gedung itulah sang maestro jazz Fats Waller Lahir.

Maka Mr. Fletcher pun memulai perjalanan untuk mencari inspirasi agar mendapatkan dana segar untuk merenovasi gedungnya. Tugas menjaga rental video diserahkan kepada Mike (Mos Def). Malangnya, Jerry (Jack Black) seorang teman Mike yang karena suatu “kecelakaan”, memiliki tubuh elektromagnetik dan menghapus semua film di video rental milik Mr. Fletcher. Maka dengan bermodal camcorder jadul, mereka berusaha membuat film sendiri sesuai dengan judul2 koleksi video yang terhapus tersebut.

And they… SELLLLL….!!!! Film2 tersebut tanpa disangka malah laku keras. Tapi di saat mereka sukses mengisi pundi2 dollar hasil dari menyewakan film2 versi mereka itu, masalah baru pun muncul. Sanggupkah mereka menyelematkan gedung bersejarah milik Mr. Fletcher?

Film yang dirilis Februari 2008 oleh New Line Cinema ini, walaupun mungkin luput dari pengamatan kita, tapi sungguh film ini layak tonton karena sangat menghibur. Cerita tentang perjuangan mempertahankan sesuatu yang bersejarah memang hal yang biasa. Tapi Be Kind Rewind mengemasnya dengan unik dan cukup orisinil. Belum lagi tingkah Jack Black dan Mos Def yang sangat lucu membuat saya beberapa kali terpingkal2. Komedinya segar, coba lihat bagaimana 2 film maker tersebut membuat visual efek seadanya untuk menandingi film aslinya, duh lucunya hahaha…

Memang sih kalau dipikir jalan ceritanya agak maksa, siapa juga yang mau membayar mahal untuk menyewa film super duper ancur yang mereka buat ala kadarnya tersebut? Tapi hey, ini kan cuma film komedi, rasanya semua sah2 saja. Yang perlu mendapat poin bagus dalam film ini selain cerita dan akting para pemainnya adalah endingnya. Ya endingnya dibuat dengan sangat elegan, menguras emosi dan dieksekusi dengan sangat baik. Memang dibuat agak menggantung, tapi di situlah seninya. Film ini tidak hanya menawarkan mimpi semata, tapi memang begitulah kenyataan yang harus kita hadapi dalam menghadapi perkembangan jaman.

Kadang perjuangan keras yang kita kerjakan memang tidak mendapat hasil yang setimpal, tapi paling tidak kita masih bisa tersenyum karena telah memberikan yang terbaik untuk sesuatu yang patut diperjuangkan.

Oia jika anda ingin melihat film2 yang dibuat oleh Jerry dan Mike coba saja klik websitenya

2 comments:

  1. kok deket rumahmu koleksi DVD bajakannya bagus-bagus? mesen dong... hihihihi :D

    ReplyDelete
  2. hehe satu guru satu ilmu sama si hawe :))

    ReplyDelete