Tuesday, August 12, 2008

Google Search VS Multiply

Awalnya saya ingin memasang search engine di MP saya, maka mulailah saya berkelana di ranah google. Astaga, ternyata ingin pasang search engine saja kita harus membuat aplikasi untuk Google AdSense, fiuh. Padahal saya tidak berniat untuk mencari uang. Saya hanya ingin memasang search engine agar mudah bila ingin mencari postingan yang telah lalu sebagai bahan referensi untuk postingan berikutnya.

Akhirnya saya apply juga AdSense itu. Untungnya saya sudah mempunyai account Gmail, jadi proses pendaftaran jadi agak lebih singkat. Setelah selasai, diberitahu bahwa aplikasi saya akan diproses selama 1-2 hari. Aduh, ternyata lama juga ya prosesnya, saya pikir automatically generated.

Akhirnya saya mengecek Gmail lagi hari, wah ternyata sudah ada balasan dari Google AdSense. Isinya adalah langkah2 untuk mengaktifkan mesin pencari saya tersebut. Oke, lagi2 saya klik sana ketik sini untuk aktivasinya. Akhirnya keluar juga kode2 html untuk disisipkan ke MP saya. Lansung saya menuju MP, custumize my site, edit welcome notes… Kopipas kode yang digenerate oleh Google, submit…. Dan…

Ternyata di MP kita tidak bisa memasukkan javascript untuk welcome notesnya. Gubrak… Sia2lah usaha dan penantian saya selama seminggu untuk memasang Search Engine hiks…

Ah beginilah jadinya kalau saya sudah terlanjur jatuh cinta dengan Multiply.

No comments:

Post a Comment